Latest Updates

Muslim AS Rutin Bantu Ribuan Warga AS yang Kelaparan


Setiap bulan, Muslim Amerika memberi bantuan  berupa makanan kepada ribuan orang yang kelaparan dan tidak memiliki rumah di lingkungan pusat kota New Jersey dan Pennsylvania.

"Kami melihat ini sebagai kesempatan besar untuk menolong saudara-saudara kita di komunitas ini," kata Aliza Hanif,  administrator program ‘dapur umum’ Asosiasi Islam Nasional kepada Onislam, Kamis (2/5/2013).

"Sebagai Muslim, kita bersyukur kepada Allah atas kesempatan ini. Alhamdulillah, kita akan memasuki tahun ketiga dengan program dapur umum kami," ujarnya.
Asosiasi Islam Nasional (NIA), sebuah masjid di Newark, New Jersey, adalah salah satu Pusat Islam yang bermitra dengan Muslim Amerika untuk Bantuan Kelaparan (AMHR) menjalankan program ‘dapur umum’  setiap bulan .


AMHR  adalah organisasi bantuan sosial kerakyatan yang mengkoordinasikan pengumpulan dan pendistribusian makanan dengan cara bekerja sama dengan perusahaan lokal yang menyumbangkan makanan. Selain itu, organisasi ini juga bekerjasama dengan masjid lokal, pusat-pusat Islam, dan kelompok-kelompok pelayanan sosial yang mendistribusikan makanan melalui program ‘dapur umum’, ‘bank  makanan’ dan  ‘makanan di atas roda’.

Pada bulan Maret, organisasi ini mendistribusikan 1.000 makanan pada Sabtu pagi  kepada masyarakat Amerika yang kelaparan dan tidak memiliki rumah di New Jersey dan Philadelphia.

Berdasarkan data yang dikumpulkan Biro Sensus AS  pada tahun 2011, sebanyak 46.200.000 orang atau  hampir 15 persen dari populasi Amerika, hidup dalam kemiskinan. Sementara  itu, sebanyak 17,9  juta keluarga berada dalam kondisi rawan pangan.

Masjid  NIA  terletak di kota di New Jersey di mana kerawanan pangan menjadi masalah keluarga.

"NIA terlibat dalam inisiatif  untuk  membantu komunitas lokal Roseville Avenue di New Jersey, yang memiliki jangkauan rendah untuk warga kelas menengah," kata Hanif.

"AMHR menyediakan makanan bagi kita untuk kami berikan kepada masyarakat lokal kami. Sedangkan kami menyiapkan meja di trotoar  jalan serta menyediakan roti, air, dan buah-buahan yang disajikan dengan secangkir sup panas," lanjutnya.

AMHR sendiri memiliki tujuan menciptakan jaringan relawan di kota-kota bagian di Pantai Timur dalam rangka  memerangi dan memberantas kelaparan.

"Visi kami adalah menjalin kemitraan dengan masjid lokal, pusat-pusat Islam, dan dapur umum untuk membantu perjuangan kami serta menciptakan sekelompok relawan untuk memerangi dan membasmi kelaparan dengan membuat program ‘dapur umum’, ‘minggu sadar kelaparan’, ‘makananan di atas roda’ dan ‘bank makanan’’ ,  kata  organisasi ini dalam situs mereka.

0 Response to "Muslim AS Rutin Bantu Ribuan Warga AS yang Kelaparan"

Posting Komentar